• Sun. Jul 14th, 2024

6 Cara Mengelola Stres agar Hidup Tetap Bahagia

ByTri

May 18, 2023

Semua orang bisa saja mengalami ujian hidup yang mengganggu pikiran dan menimbulkan stress. Cara mengelola stres yang benar sangat diperlukan sehingga Anda bisa kembali sehat, baik mental maupun fisik. Dengan demikian bisa menjalani hidup secara normal, produktif dan tetap bahagia.

Banyak cara mudah untuk bisa mengelola stres yang bisa dilakukan. Kunci untuk bisa kembali pada kesehatan mental dan tidak mengalami stres adalah bagaimana mengelola pikiran dan melakukan berbagai kegiatan yang mendukung. Bahkan tidak sedikit orang yang setelah terbebas dari stres justru menjadi pribadi yang lebih baik dan bertambah sukses.

Agar Bisa Hidup Bahagia, Lakukan Cara Mengelola Stres Berikut Ini

Stress berkaitan dengan pemikiran dan mental seseorang sehingga untuk menyembuhkannya lebih banyak ditentukan oleh diri sendiri. Pihak luar atau orang lain hanya berperan memberikan dukungan dan wacana. Namun jika diri sendiri tidak mau mengubah persepsi terhadap suatu masalah, sulit untuk menghilangkan stres tersebut.

Kesehatan mental sangat penting dan tidak ada obat yang bisa menyembuhkan. Karena itu semangat untuk menghilangkan penyebab dan menetralisir gangguan pikiran sangat penting. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar segera terhindar dari stres, diantaranya adalah:

1. Ungkapkan perasaan

Perasaan negatif yang tidak hilang dan terus ada dalam pikiran merupakan sumber stres. Khawatir terlalu berlebihan, cemas dan perasaan gagal merupakan pemicu yang bisa menimbulkan stres tingkat berat.

Jika mengalami tekanan batin dan banyak pikiran, sebaiknya Anda mencari teman untuk sharing atau menyampaikan keluhan tersebut. Dengan demikian energi negatif yang ada di dalam pikiran bisa keluar dan terbuang sehingga bisa merasa lebih bebas dari beban dan mudah menerima masukan positif.

2. Lakukan meditasi

Meditasi merupakan proses menenangkan diri yang sangat sederhana tetapi banyak manfaatnya. Untuk melakukan kegiatan ini Anda tidak selalu membutuhkan instruktur, namun bisa sendiri. Luangkan waktu beberapa menit dan carilah tempat yang tenang.

Selanjutnya kosongkan pikiran dan buat serileks mungkin. Agar pikiran bisa terasa lebih lega, Anda bisa menarik napas panjang, menahan beberapa saat kemudian melepaskannya kembali. Cukup lakukan kegiatan ini selam 15 sampai 30 menit setiap hari, maka Anda akan terbebas dari stres.

3. Lakukan kegiatan yang menyenangkan

Stres muncul karena pikiran yang mengganggu dan mempengaruhi mental. Agar tidak sampai terjadi, Anda bisa melakukan kegiatan yang menyenangkan. Jika senang berpetualang, luangkan waktu beberapa hari untuk pergi ke daerah baru yang menantang dan berkesan.

Jika Anda senang melakukan aktivitas di rumah, luangkan waktu untuk berkebun, merawat taman, membersihkan rumah atau mengisinya kembali. Kegiatan dan suasana baru tersebut akan mendatangkan aura bahagia yang bisa menghilangkan stres.

4. Menyibukkan diri dalam berbagai aktivitas

Jangan biarkan banyak waktu kosong yang terbuang. Di saat tersebut tidak sedikit pikiran negatif yang akan datang dan memicu munculnya stres. Manfaatkan waktu yang dimiliki untuk kegiatan bermanfaat, seperti bersosialisasi, membantu orang lain, datang ke panti asuhan dan lain sebagainya.

Kegiatan tersebut akan mengurangi waktu kosong yang bisa memunculkan stres dan memberi pengalaman baru sehingga dapat meningkatkan rasa bersyukur.

5. Fokus pada pencapaian yang sudah diperoleh

Stres bisa muncul karena pencapaian yang tidak sesuai dengan ekspektasi. Membuat target dan rencana untuk suatu pencapaian memang penting namun harus rasional sehingga kemungkinan untuk meraihnya cukup besar.

Namun jika kenyataannya pencapaian tetap masih dibawah harapan, maka sebaiknya lebih fokus pada hasil tersebut. dengan demikian bisa meningkatan rasa senang dan bahagia sehingga dapat mengurangi beban pikiran.

6. Menjalani pola hidup yang sehat

Pola hidup sehat sangat penting bukan hanya untuk fisik, tetapi juga psikis. Otak perlu mendapat asupan gizi seimbang sehingga bisa bekerja dengan optimal. Selain itu, tubuh yang sehat juga bisa mendorong kesehatan mental dengan demikian terhindar dari stres.

Tidak sedikit orang yang stres karena memikirkan suatu masalah secara berlebihan. Untuk menghindarinya, Anda bisa menyibukkan diri dengan berbagai kegiatan bermanfaat, seperti menjalankan hobi atau memulai bisnis sehingga waktu yang ada lebih berguna dan menguntungkan.

Untuk memulai bisnis memang biasanya membutuhkan modal. Namun saat ini masalah modal mudah mendapatkan solusi karena ada BFI Finance yang siap membantu dalam permodalan usaha.

Proses pengajuan pinjaman di BFI Finance sangat mudah dan cepat. Besar pinjaman yang bisa diterima pun dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan membayar sehingga sangat fleksibel. Anda bisa memanfaatkan waktu agar tidak stres sekaligus berpotensi mendapatkan pemasukan dari usaha yang dijalankan.

Banyak cara mengelola stres sehingga tetap bahagia dan produktif. Kuncinya terletak pada diri sendiri. Begitu juga pilihan cara atau kegiatan yang akan dilakukan. Agar bisa terhindar dari gangguan pikiran, Anda bisa menggunakan waktu kosong untuk memulai usaha sehingga selain kesehatan mental tetap terjaga, juga berpotensi mendapatkan keuntungan.

By Tri